ERUDISI.com – Melayani customer memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap pelaku usaha maupun karyawan, sebagai upaya mendapatkan pelanggan dan juga agar suatu usaha dapat bertahan dalam jangka yang panjang.
Dalam melayani customer tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar customer merasa nyaman dan senang saat berbelanja, sekarang ini banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya agar dapat mendapatkan pelanggan tetap.
Melayani customer dengan baik selain telah menjadi kewajiban dan tugasnya melayani customer dengan baik juga dapat berdampak baik sebagai perusahaan, berikut beberapa dampak positif melayani customer dengan baik.
Manfaat Melayani Customer Dengan Baik:
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Melayani customer dengan baik dapat meningkatkan citra perusahaan, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan selain dapat membuat customer merasa nyaman juga dapat menarik perhatian calon customer lainnya.
Jika citra perusahaan meningkat maka banyak calon customer yang penasaran dan ingin memasuki perusahaan serta calon customer ingin membuktikan dan merasakan sendiri pelayanan dari perusahaan apakah benar dapat melayani customer dengan baik.
2. Mendapatkan Pelanggan Tetap
Jika customer sudah merasa nyaman dan cocok dengan pelayanan yang kita berikan maka mereka akan dengan senang hati, untuk datang berkunjung kembali dan kemungkinan besar mereka dapat berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap.
Karena customer cenderung memilih perusahaan yang mampu melayani customer nya dengan baik dan ramah , sehingga customer tidak akan dengan mudah untuk berpindah ke tempat usaha lain karena belum tentu dia akan mendapatkan pelayanan yang sama.
3. Mendapatkan Promosi Gratis Dari Pelanggan
Percayalah jika kita memberikan pelayanan dengan sepenuh hati maka customer kita akan membantu merekomendasikan ataupun mempromosikan usaha kita kepada keluarga, saudara maupun kepada teman-temannya. Tentunya hal tersebut dapat membantu dan menguntungkan perusahaan kita.
4. Meningkatkan Penghasilan
Semakin baik pelayanan yang kita berikan kepada customer maka akan semakin banyak pula customer yang datang otomatis penghasilan perusahaan akan mengalami peningkatan juga.
Cara Melayani Customer Yang Baik :
1. Memberikan Salam
Ketika customer datang yang harus kita lakukan adalah memberikan salam seperti selamat pagi dan selamat datang, ini adalah salah satu trik untuk melakukan pendekatan dengan calon customer dan jangan lupa untuk selalu tersenyum.
2. Memberikan Bantuan
Saat melihat calon customer sedang kebingungan dalam menentukan pilihan produk mana yang akan dipilih, maka kita bisa memberikan bantuan untuk memilihkan produk mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan calon customer dengan cara menjelaskan spesifikasi dari masing-masing produk.
Untuk itu menguasai produk atau jasa yang akan kita jual dan tawarkan sangatlah penting, supaya calon customer dengan mudah memahami produk yang kita miliki dengan baik.
3. Jangan Malas
Jika customer meminta kita untuk menunjukkan produk atau mencarikan produk yang dia inginkan, maka jangan bilang stok habis karena malas mencarikannya.
Tindakan tersebut selain dapat menyebabkan barang tidak jadi laku juga dapat menurunkan citra perusahaan, sebab pelayanan nya seperti kurang sungguh-sungguh dalam bekerja.
4. Jangan Membedakan Customer
Setiap customer yang datang ke tempat usaha kita maka kita harus melayaninya dengan baik tanpa membedakan status sosialnya, karena setiap customer berhak untuk mendapatkan pelayanan yang sama.
5. Mengucapkan Terimakasih
Sebagai bentuk menghargai kedatangan pelanggan maka kita sudah seharusnya mengucapkan terimakasih, agar pelanggan dapat merasakan ketulusan kita dalam melayaninya.
Memberikan sebuah pelayanan yang baik kepada pelanggan memang lah sangat penting karena pembeli adalah raja, untuk itu sebisa mungkin kita harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan.