Mudah! Begini Cara Mendapat Dividen Saham Dan Prosedurnya!

Ingin mendapatkan hasil dari dividen saham, namun belum mengetahui cara mendapat dividen saham? Padahal jika mengetahui caranya, pasti akan mendapatkan imbalan yang nantinya akan diterima.

Akhyar Media

[addtoany]

cara mendapat dividen saham

Ingin mendapatkan hasil dari dividen saham, namun belum mengetahui cara mendapat dividen saham? Padahal jika mengetahui caranya, pasti akan mendapatkan imbalan yang nantinya akan diterima. Untuk itu, pada penjelasan berikut ini akan membahas mengenai dividen.

Definisi Singkat Mengenai Dividen

Nama dividen mungkin masih sangat terasa asing bagi para investor saham yang baru bergabung. Namun jika digaris besarkan, dividen merupakan suatu imbalan hasil yang dapat diperoleh dari perusahaan pemegang saham.

Secara definisinya dividen ini dapat merujuk pada pembagian suatu laba dari perusahaan untuk para pemegang saham. Namun pembagian laba atau keuntungan tersebut berdasarkan pada keputusan dari suatu jajaran direksi yang ada di perusahaan tersebut.

Jika perusahaan tersebut memiliki keputusan untuk membagi laba perusahaan pada pemegang saham. Maka biasanya perusahaan tersebut akan membagikan dividennya per kuartal, namun dengan periode waktu yang berbeda-beda.

Dividen yang nantinya akan dibagi, biasanya akan berbentuk uang tunai atau dapat juga dibagikan dalam bentuk saham tambahan. Besaran jumlah dividen yang nantinya akan diterima oleh pemilik atau pemegang saham tentu saja akan bergantung pada jumlah dividend yield.

Dividend yield merupakan suatu istilah dalam dunia saham yang merujuk pada jumlah dividen per lembar saham. Besaran dari dividend yield tersebut biasanya kan berbentuk persentase semakin tinggi besaran dividend yield semakin tinggi juga potensi dividend.

Cara Mendapat Dividen Saham

Setelah mengetahui definisi singkat mengenai dividen, maka yang paling penting untuk diketahui yaitu cara mendapatkannya. Namun sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa tidak semua perusahaan akan memberikan hasil dividen pada pemilik saham.

Hal tersebut perlu diketahui oleh para pemegang saham dan jika ingin memperoleh hasil dividen, maka pastikan perusahaan tersebut memberikan dividen. Namun jika ingin mengetahuinya, dapat dilihat dari kondisi yang stabil pada perusahaan tersebut.

Hal ini dikarenakan pada umumnya, suatu perusahaan yang akan memberikan hasil dividen pada pemegang saham merupakan perusahaan dengan skala besar. bukan hanya itu saja, perusahaan yang memberikan dividen juga memiliki kondisi yang stabil.

Pada perusahaan tersebut yang memiliki kondisi stabil biasanya sudah mempunyai prediksi laba yang nantinya akan diperoleh. Nah dari hasil laba tersebut yang nantinya akan dibagikan kepada para pemegang atau pemilik dari saham perusahaan tersebut.

Prosedur Pemberian Dividen

Setelah mengetahui cara mendapatkannya, maka perlu juga untuk mengetahui beberapa prosedur pemberian dividen dari perusahaan pada pemegang saham. Pembayaran dividen tersebut kepada yang nantinya akan dilakukan secara bertahap. Untuk itu, berikut prosedur pemberian dividen:

1. Tanggal Pengumuman

Prosedur atau proses yang pertama yaitu mengenai tanggal pengumuman atau yang biasa disebut announcement date. Tanggal ini merupakan suatu tanggal dimana manajemen pada perusahaan akan mengumumkan suatu  dividen, dan telah disetujui oleh pemegang saham.

2. Tanggal Ex Dividend

Tanggal ex dividend menjadi tanggal kadaluarsanya seorang penerima dividen atau pemegang saham. Tanggal ini dimisalkan pada tanggal ex dividen, kemudian pemilik atau pemegang saham membeli saham pada hari itu, maka orang tersebut tidak mendapatkan dividen.

3. Tanggal Pencatatan

Prosedur yang berikutnya yaitu mengenai tanggal pencatatan atau record date yang merujuk pada suatu tanggal penetapan yang ditetapkan oleh perusahaan. Penetapan tersebut juga terkait dengan pemegang saham yang berhak dan juga layak untuk dapat menerima hasil dividen saham dari perusahaan.

4. Tanggal Pembayaran

Prosedur yang terakhir yaitu mengenai tanggal pembayaran atau biasa disebut juga dengan payment date. Pada tanggal ini, suatu perusahaan akan mengirimkan besaran dividen kepada para investor dalam bentuk uang yang akan masuk pada rekeningnya.

Itulah penjelasan mengenai cara mendapat dividen saham dari suatu perusahaan kepada pemilik saham, serta penjelasan mengenai beberapa prosedur pemberian dividen. Namun sebelumnya, para smart people perlu juga untuk memperhatikan perusahan yang nantinya akan memberikan suatu dividen.

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer